Monday, January 21, 2013

Komputer gak bisa di browse dan nge-browse via network


Berawal dari  user minta ngeprint warna dari tempat gue, ( dikantor gue ada sentralisasi printer gitu, jadi untuk tipe-tipe tertentu user harus datang ke gue buat minta ngeprint khususnya yang berwarna ) terus data yang mau di print adanya di komputer user dong pastinya. Nah w browse deh komputer si user buat ngambil datanya.
Jrengg...tet...tot...error browse cannot find.bla..bla...bla... waduh ada apa nih??? Gue coba di komputer temen gue juga sama error nya. Dari situ w baru menjudge kalo yang masalah kayanya ada di komputer si client nih...berangkat deh ke tempat si user. Setelah gue cek..klak klik klak klikk..ternyata komputer si user juga gak bisa buka share ke komputer laen...pas w cek services.msc, ada service yang namanya computer browser ( service yang mengatur koneksi atau browse dari dan ke komputer lain ) gak jalan alias stop.
Karena settingan default seharusnya start, akhirnya w start deh service itu. Terus w coba buat buka share komputer laen..eh bisa...Alhamdulillah...solved deh..
Hari itu berjalan normal, pas esok hari terulang kembali masalah yang sama dengan sebelumnya. Wah ada yang salah nih kayanya...oprak aprik lagi deh di komputer si client.
Setelah sekian lama akhirnya ketemu juga deh, ternyata ada virus yang menyerang si komputer dengan port – port tertentu ( gue lupa port berapa yang dipake si virus. hehehee ).
Terus gimana dong menyelesaikan permasalahan ini??? Sercang sercing akhirnya ketemu juga aplikasi yang bisa menutup port yang dimaksud tadi, nama aplikasinya WWDC. W coba pake dan ternyata berhasil, si aplikasi menutup beberapa port yang digunakan si virus dan user-pun sudah bisa menggunakan komputer dengan lancar. Alhamdulillah.

Dudi Yuliana
21 Januari 2013

0 comments:

Post a Comment

 
;