Friday, January 18, 2013

Program export import barang ( PIB / PEB )

Berawal dari komputer client yang rusak, katanya sih gak bisa komunikasi dengan beacukai, nah loh... bingung kan ??
yasudahlah gue coba oprak aprik komputer itu, dan ternyata si client menggunakan program PIB untuk menangani masalah import barang..nah program ini lah yang di komplen si client. kata si client harus dibawa ke EDII...nah kan tambah bingung lagi...apaan lagi tuh EDII..nama orang???hahahhaa..
EDII menurut gue sih dari penjelasan client gue ini adalah instansi sebagai perantara antara client gue sama beacukai melalui program PIB tersebut...Udahlah bingung-bingung akhirnya gue sama client berangkat ke si EDII...nyampe disana langsung diterima sama teknisinya, service care-nya nice banget lah pokonya...udah hampir 2 jam belom beres juga nih masalah...si client udah panik banget karena barangnya di pelabuhan gak bisa dikirim ke perusahaan kalo dokumennya belom beres.
Nah masalah dokumen gue jelasin dikit ya gimana client gue ngurus barang yang di import.
pertama client gue ngirim purchase order ke si supplier, terus si supllier ngirim barang dong...nah sampe pelabuhan karena barangnya di import, client gue harus ngrus berbagai dokumen supaya barang tersebut bisa keluar dari pelabuhan terus dikirim ke perusahaan. dokumen tersebut dikeluarin oleh beacukai namanya surat  perintah pengiriman barang. buat dapetin surat tersebut digunakanlah program PIB, si PIB ini lah yang digunakan sebagai media pengiriman dokumen tersebut ( client gue biasanya bilang "komunikasi" ). udah gitu suratnya itu di kirim ke pelabuhan buat validasi supaya barang nya bisa keluar.
oke balik lagi ke permasalahan komputer di si EDII, akhirnya komunikasi nya udah oke tapi dokumennya masih ada yang pending. berhubung udah sore jadi kita balik ke kantor dulu.
besoknya client gue nyoba lagi buat ngeberesin dokumen yang pending sebelumnya....lamaaaaa banget..bisa - nya tuh udah sore baru dapet surat yang diinginkan..

waktu di EDII si client sempet ngobrol sama teknisi-nya, katanya ada upgrade buat program EDII. client gue tertarik karena jenis koneksi yang digunakan bisa lewat internet biasa,, lain dengan versi PIB sebelumnya yang menggunakan modem dial-up untuk komunikasi dengan beacukai. nah jadilah si client minta ke gue buat bantuin nyiapin segala kebutuhan buat upgrade versi PIB tersebut. yowes seminggu kemudian gue siapin komputer baru dengan spec windows 7 core i3.. nah buat windows-nya jangan pake sp1, kata si teknisinya gitu...yaudah gue ikutin aja deh maunya si teknisi daripada program nya gak jalan. karena gue gak bisa nginstal sendiri karena ada license yang harus di install, kita bawalah komputer barunya ke si EDII lagi. pas udah beres install w agak bingung, katanya upgrade PIB tapi ko versi nya masih sama kaya yang kemaren. w tanya deh ke si teknisi, ooohhhh katanya memang PIB nya masih versi yang sama tapi yang diubah tuh program yang mengatur komunikasi agar si PIB bisa terkoneksi dengan server beacukainya. 
kalo versi sebelumnya tuh nama programnya IPLUS (koneksi-nya masih menggunakan dial-up pake modem internal gitu) nah yang versi baru namanya EXTREME ( yang ini udah menggunakan internet biasa, mau pake modem usb atau internet dari LAN juga bisa asal ada koneksi internet-nya ).
Beres deh...

note : bagi teman2 yang pake PIB & IPLUS, kalo mau install ulang gampang ko asal folder beacukai & iplus di drive system ( biasanya si di C: ) jangan sampe hilang karena intinya ada di folder itu...tinggal copas aja 2 folder itu trus jadi deh...tinggal bikin shortcut PIB dari folder beacukai terus setting koneksi di IPLUS nya ( karena masih pake modem internal, biasanya pilihan koneksi pake port COM ).
nah kalo yang pake PIB & EXTREME gimana ???? yang ini juga lebih gampang. intinya ada di folder beacukai juga, karena program PIB dan semua database disimpan di folder ini. terus untuk EXTREME nya install seperti program - program lain..tinggal next - next aja...terus untuk license-nya kemaren sih gue dikasih dari teknisi EDII, tinggal masukin deh ke si EXTREME. Beres...jangan lupa pastiin komputenya bisa terhubung ke internet yaaa....

Dudi Yuliana
Sabtu, 19 Januari 2013

4 comments:

Anonymous said...

Bang mau nanya, program PIB ane kaga bisa di print dokumennya.. (pas mau print dokument PIB nya),
Tapi kl buat print program lain (excel, photoshop, word, apapun ..) bisa..
Permasalahannya dari mana tuh bang..??
Takutnya ada file yang ilang dari PIB nya
Soalnya dari printernya, udah ane otak atik ga bisa untuk print dok. PIB
Ane pake Win 7

Anonymous said...

Bang , ane juga mau nanya masalah yang sama ama abang diatas ane .. Kemarin ane abis dari PALAPA, karna harus komputer client bermasalah dan akhirnya ane ganti baru ( p.4 ; XP -> i3 ; 7-sp1 ) ..

Salahnya, ane ga nyoba print dokumen di kantor PALAPA itu, ane cuma test "komunikasi" dan 'success' .. Proses install dan ganti modem dial-up (tadinya internal, diganti external) aja dah kena biaya 600,000 (install) + 1,100,000 (modem) .. haddaaaaahhhh .. absurd .. -__-'

Sekarang ane minta tolong lagi, minta 600,000 lagi ... bingung dah cara ngomong ama si boss nya ...

#jadi gimana bang, bisa minta pencerahannya mengenai masalah ga bisa print??..

Anonymous said...

Pak, mau tanya nehh.
PIBq masih jadul, masih pake IPLUS. barusan tau PIBq ini pas mau diedifact tidak mau keluar edifatcnya malah keluar "Error 7 : Unknown User"
maksudnya apa ya?

Anonymous said...

bro mau tanya masalah PEB, di kantor ada banyak yang make software PEB neh. jadi ane share aja peb.exe nya agar yang lain juga bisa input draft. tapi tetep komunikasi di PEB sentralnya,
permasalahannya di client nge close sendiri beberapa. sedangkan di user lain bisa. ane kira virus, ane coba install ulang dan permasalahannya masih sama. ada yang tau gak yah kenapa ??

Post a Comment

 
;