Friday, March 15, 2013

FORWADING FAX TO EMAIL


Alhamdulillah bisa nge-blog lagi dari sekian lama gak nge-blog. Pada kangen gak yaa..heheheh. Kesempatan kali ini gue mempertegas tulisan gue yang pernah gue tulis mengenai fax di kantor gue. Kenapa gue tulis lagi??? Karena eh karena ada tugas kuliah yang isi nya cerita mengenai pengalaman membuat sistem informasi.hehehe. oke dibawah ini gue ceritain pengalaman gue bikin sistem-nya. ( ups by the way kata2-nya agak formal nih, soalnya gak enak sama dosen-nya.hehehe ). Cekidot!!!!
Pada sebuah kasus mengharuskan saya membuat suatu sistem baru mengenai fax di kantor saya. Sistem yang ada yaitu fax yang diterima akan langsung dicetak melalui mesin fax, baik informasi yang penting maupun informasi yang tidak penting akan dicetak oleh mesin ini. Padahal belum tentu semua informasi yang diterima user mengharuskan informasi tersebut dicetak, sehingga yang terjadi adalah pemborosan terhadap kertas dan toner, jika kedua material tersebut dikalkulasikan dalam bentuk rupiah mungkin akan keluar angka yang cukup besar terbuang karena fax berisi informasi yang seharusnya tidak perlu dicetak.
Dari kasus diatas-lah muncul ide untuk mengalihkan fax yang diterima sehingga tidak langsung tercetak tapi ada filtering dahulu oleh user. Bagaimana sistem ini berjalan ? jadi setiap fax yang masuk ke mesin fax ini akan diforward ke email yang sudah dikonfigurasi sebelumnya di sebuah komputer. Nah dengan sistem ini maka user dapat memilah fax yang berisi informasi yang penting kemudian harus dicetak dan fax yang berisi informasi yang bisa diabaikan tanpa dicetak.
Dengan sistem yang baru ini maka akan dilakukan penghematan terhadap kertas dan toner yang digunakan oleh mesin fax tersebut. Untuk dapat menjalankan sistem ini dibutuhkan sebuah komputer dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi karena hanya menjalankan program email client seperti outlook express atau mozilla thunderbird.
Oke, itu lah pengalaman gue tentang sistem yang gue buat di kantor. Sampai jumpa lagi ditulisan selanjutnya... :D

0 comments:

Post a Comment

 
;